Lirik sholawat Busyro Lana versi Habib Syech Bin Abdul Qadir Assegaf menghadirkan keindahan dalam bentuk teks Arab, Latin, terjemahan, dan makna yang mendalam. Dalam bait-bait sholawat ini, tersirat pesan penyambutan gembira terhadap kelahiran Nabi Muhammad di dunia.
Sebelum kita menyelami makna yang tersembunyi dalam lirik tersebut, mari kita memahami esensi dari sholawat Busyro Lana ini. Sebuah kisah menarik datang dari perjumpaan antara Habib Ali Kwitang dan Abuya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki dengan Nabi Muhammad SAW dalam mimpi. Nabi pun menginstruksikan muridnya untuk mengumandangkan sholawat ini sebagai bentuk ungkapan kebahagiaan atas kedatangannya.
Sholawat ini telah merambah luas di tanah air, meraih penerimaan dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Mari kita telusuri bersama lirik sholawat Busyro Lana versi Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf yang sarat dengan nilai keagamaan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad.
Lirik Sholawat Busyro Lana, Latin Beserta Terjemahan Artinya
بُشْرَ لَنَا نِلْنَاالْمُنَى . زَالَ الْعَنَا وَافَى الْهَنَا
Busyrôlanâ nilnâl munâ, Zâlal ‘anâ wa falhanâ
(Kebahagiaan milik kami kerana kami memperoleh harapan. Dan hilang sudah semua kesusahan, lengkap sudah semua kebahagiaan)
وَالدَّهْرُاَنَجْزَوََعْدَهُ . وَالْبِشْرُاَضْحَى مُعْلَنَا
Waddahru anjaza wa’dahu, Wal bisyru adlhâ mu’lanâ
(Dan waktu sudah menepati janjinya. Dan kebahagiaan menampakkan kemuliaan kami. Berlumuran dengan wangian kegembiraan menanti pertemuan dengan insan termulia.)
يَانَفْسُ طِيي بِاللَّقَا . يَاعَيْنُ قَرَّى اَعْيُنَا
Yâ nafsu thîbî billiqô, Yâ ‘ainu qorrî a’yunâ
(Wahai nafsu, puaslah dengan perjumpaan ini. Wahai mata, sejukkanlah semua mata kami)
هََذَاجَمَالُ الْمُصْطَفَى . اَنْوَارُهُ لاَ حَتْ لَبَا
Hâdzâ jamâlul Mushthofâ, Anwâruhu lâ hat lanâ
(Lihat! Inilah keindahan al-Musthafa. Cahayanya lebih kelihatan dan mempersona bagi kita semua)
يَا طَيْبَةُ مَا ذَانَقُولْ . وَفِيكِ قَدْ خَلَّ الرَّسُولْ
Yâ thoibatu mâdzâ naqûl, Wa fîki qod hallar rosûl
(Duhai Thaibah (Madinah), apa yang dapat kami katakan? Jika Rasul telah mendiami wilayahmu)
وَكُلُّنَانَرْجُواْلوُصُولْ . لـِمُحمَّدٍ نَبِــيَّنَا
Wa kullunâ narjûl wushûl, Limuhammadin nabiynâ
(Dan kami semua ingin berjumpa. Dengan Muhammad, Nabi kami)
يَارَوْضَةَالْهَادِالشَّفِيعِ . وَصَاحِبَتِهِ وَالْبَقِيعِ
Yâ Roudlotal hâdisy-syafii’ Wa shôhibaihi wal baqii’
(Duhai taman Nabi, pembawa petunjuk dan pemberi syafaat. Dan kedua temannya serta tanah Baqi’)
اُكْتُبْ لَنَا نَحْنُالْجَمِيعُ . زِيَادَةًلِحَبِيبِنَا
Uktub lanâ nahnul jamii’ Ziyârotan lihabîbinâ
(Catatlah kami semua. Bahwa kami berziarah kepada kekasih kami)
صَلِّ وَسَلَّمْ يَا سَلاَمْ . عَلَى النَّبِى مَا حِى الظَّلاَمْ
Sholli wa sallim yâ salâm.. ‘Alannabiy mâhidh-dholâm
(Wahai Tuhan Maha Pemberi Salam, berikan selawat dan salam. Kepada Nabi menghilangkan kegelapan)
وَالْأَلِ وَالصَّحْبِ الْاِرَامْ . مَا أُنْشِدَتْ بُشْرَى لَنَا
Wal âli was-shohbil kirôm, Mâ unsyidat busyrô lanâ
(Juga keluarga, para sahabat yang mulia. Selama dilagukan qasidah “Busyro Lana”)
Makna Mendalam Sholawat Busyro Lana
Sholawat Busyro lirik nya menggambarkan kebahagiaan luar biasa umat Islam menyambut kelahiran Rasulullah SAW, menjadi sumber harapan, cahaya, dan keberkahan. Kesusahan dianggap lenyap, menggantikan kegembiraan yang lengkap dengan janji Allah yang ditepati.
Antusiasme dan kerinduan umat Islam untuk bertemu dengan insan termulia tergambar melalui wangian kegembiraan dan panggilan untuk memuaskan diri dan mata dengan kehadiran beliau. Kota Madinah dipuji sebagai tempat yang diberkahi, sementara gelar al-Musthafa menyoroti keutamaan dan keelokan budi pekerti Rasulullah.
Sebuah doa penutup mencerminkan rasa hormat dan penghormatan yang mendalam, memohon selawat kepada Rasulullah, keluarganya, dan para sahabatnya. Keseluruhan lirik menciptakan suasana kecintaan, rindu, dan pengabdian kepada Nabi Muhammad SAW dalam hati umat Islam.